VISI, MISI, DAN TUJUAN

Visi, misi, tujuan dan sasaran program studi pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember  tercantum dalam naskah akademik kurikulum prodi tahun 2010. Visi, misi, tujuan dan sasaran  tersebut mengacu pada misi, misi FKIP  yang merupakan turunan dari visi, misi Universitas Jember. Visi dan misi dirumuskan dengan melibatkan seluruh komponen prodi dan stakeholders serta alumni, dirumuskan dengan jelas supaya dapat diukur ketercapaiannya dalam kurun waktu yang telah ditentukan. Visi, misi menjadi acuan dalam menentukan tujuan dan sasaran yang hendak dicapai, sehingga dirumuskan dengan jelas dan realistik. Keterlibatan komponen dalam perumusan visi, misi yang terdiri dari civitas akademika dan tenaga kependidikan dilakukan dalam forum rapat prodi, brainstorming dengan mahasiswa, penyebaran kuesioner kepada mahasiswa, dan pelacakan terhadap alumni. Berikut disajikan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi.

VISI

Visi prodi Pendidikan Sejarah selaras dengan visi Universitas Jember dan visi FKIP-UNEJ, pada 25 tahun ke depan prodi Pendidikan Sejarah dapat menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang berkualitas, berwawasan lingkungan, berkemampuan untuk mengembangkan IPTEKS untuk kepentingan kemanusiaan dan konsisten mempertahankan nilai-nilai luhur kepribadian budaya bangsa, Pancasila, dan UUD 1945.

MISI

Misi merupakan penjabaran visi program studi dalam bentuk rumusan tugas, kewajiban, dan rancangan tindakan. Misi ini menjadi penciri program studi pedidikan sejarah.  Berdasarkan visi prodi Pendidikan Sejarah, misi yang akan dilaksanakan meliputi:

  • Menyelenggarakan pendidikan akademik untuk menyiapkan tenaga pendidik profesional dan tenaga profesional lainnya yang berdaya saing tinggi;
  • Melakukan penelitian secara ilmiah untuk mengembangkan teori-teori pendidikan sejarah dan ilmu sejarah yang inovatif beserta penerapannya;
  • Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat secara profesional dalam rangka ikut serta memecahkan masalah lokal dan nasional baik dalam bidang pendidikan, politik, ekonomi, sosial, dan budaya;
  • Pengokohan sistem kelembagaan berdasar merit system serta yang berorientasi pada kualitas dan profesionalisme;

Mengembangkan jejaring (networking) kerjasama dan kemitraan pada tingkat lokal dan nasional atas dasar prinsip kesetaraan (equality) serta saling menguntungkan (mutual benefit).

TUJUAN

Sesuai dengan visi dan misi di atas, tujuan yang hendak dicapai prodi Pendidikan Sejarah FKIP Unej meliputi tujuan umum dan tujuan khusus. Berikut paparan masing-masing.

Secara umum tujuan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember bermuara pada upaya untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan S.1 yang bermoral,  profesional, memiliki integritas, cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, serta UUD 1945.

Secara khusus tujuan pendidikan pada Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember adalah :

  • Mendidik mahasiswa untuk menjadi tenaga pendidik, ilmuwan, dan tenaga profesional lainnya yang beriman dan bertaqwa, berilmu, berkompetensi tinggi, serta berwawasan kebangsaan;
  • Mengembangkan dan menyebarluaskan IPTEKS yang relevan dengan bidang kependidikan sejarah dan kesejarahan;
  • Mendukung upaya pengembangan pranata pendidikan sebagai instrumen untuk meningkatkan daya saing bangsa (the nation’s competitiveness);
  • Mendukung upaya pengembangan kehidupan berbangsa dan bernegara yang religius, demokratis, multikultural, cinta IPTEKS, mandiri, dan bermartabat.
Translate »