Visitasi Akreditasi Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Jember Tahun 2015

11Akreditasi program studi  adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program akademiknya. Menyadari kenyataan tersebut, Program Studi Pendidikan menyiapkan dengan baik pengisian dokumentasi Borang Akreditasi dan Evaluasi Diri Program Studi. Di samping itu bukti-bukti terkait dengan kelengkapan borang juga disiapkan dengan baik. Kerja keras telah dilakukan oleh Program studi sejak 3 tahun menjelang proses akreditasi. Kaprodi Pendidikan Sejarah Dr. Nurul Umamah, M.Pd. menjelaskan sejak ditetapkannya dirinya sebagai kaprodi pada tahun 2012, program-program kegiatan prodi sudah diarahkan untuk pencapaian nilai maksimal dalam pemenuhan 100 instrumen butir akreditasi Prodi. Rencana kegiatan Prodi bersambut dengan program Universitas Jember yang sejak tahun 2012 memberikan kesempatan kompetisi TOR kegiatan BOPTN secara terbuka. Dengan demikian semua kegiatan BOPTN siarahkan pada pencapaian nilai maksimal akreditasi.

Evaluasi dan penilaian dalam rangka akreditasi program studi dilakukan oleh tim asesor yang terdiri atas pakar sejawat dan/atau pakar yang memahami penyelenggaraan program akademik program studi. Keputusan mengenai mutu didasarkan pada evaluasi dan penilaian terhadap berbagai bukti yang terkait dengan standar yang ditetapkan dan berdasarkan nalar dan pertimbangan para pakar sejawat. Bukti-bukti yang diperlukan termasuk laporan tertulis yang disiapkan oleh program studi yang diakreditasi, diverifikasi dan divalidasi melalui kunjungan atau asesmen lapangan tim asesor ke lokasi program studi. Asesor yang diturunkan BAN PT untuk verifikasi dan validasi adalah Dr. Mohamad Iskandar, S.S., M.Hum dari Universitas Indonesia dan Dr. Umasih, M.Hum. dari Universitas Negeri Jakarta.

13

Visitasi dilaksanakan selama 3 hari tanggal 2 sampai dengan 4 Februari 2015. Beberapa data dalam dokumen dikonfirmasi berdasarkan parameter (indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar, yakni (1) penyajian data dan informasi mengenai kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan program studi sarjana, yang dituangkan dalam instrumen akreditasi; (2) evaluasi dan penilaian mutu kinerja, keadaan dan perangkat kependidikan program studi sarjana; (3) penetapan kelayakan program studi sarjana untuk menyelenggarakan program-programnya; dan (4) perumusan rekomendasi perbaikan dan pembinaan mutu program studi sarjana.

12

Atas kerjasama segenap unsur pimpinan mulai dari rektorat, dekanat, dosen, mahasiswa, teman-teman administrasi dan alumni, sehingga semua pelaksanaan akreditasi prodi Pendidikan Sejarah baik saat penyusunan borang, evaluasi diri maupun visitasi dapat terlaksana dengan baik. Semoga mendapatkan hasil yang baik.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *