6Usulan temu alumni tercetus ketika diadakannya rangkaian acara BOPTN yang dihadiri oleh beberapa guru alumni Program Studi Pendidikan Sejarah. Program studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember menggelar temu alumni Angkatan 1982-2007 bertempat di Aula Gedung 3 FKIP UNEJ, 28 Desember 2013.

Acara ini dibuka oleh Dekan FKIP Unej yang diwakili oleh Pembantu Dekan III, Drs. Sumarjono, M.Si. Dalam sambutannya Beliau sangat mengapresiasi acara temu alumni ini dengan harapan agar acara temu alumni ini bisa diadakan 1 tahun sekali guna mempererat tali silaturahmi. Hal serupa juga diungkapakan oleh Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah, Dr. Nurul Umamah, M.Pd.

Dengan rasa gembira para peserta temu alumni dari berbagai daerah sangat antusias untuk datang dalam acara tersebut. Suasana tampak sangat meriah ketika ditampilkan berbagai hiburan dengan mengusung kebudayaan daerah seperti tari Labako sebagai tarian khas Jember, tari gandrung sebagai tarian khas Banyuwangi dan budaya Indonesia yang sangat dijunjung tinggi seperti nyanyian tradisional hingga modern, serta paduan suara dan penampilan puisi musikal oleh mahasiswa dan mahasiswi program studi pendidikan sejarah. Tak ingin kalah dengan mahasiwa dan mahasiswi program studi pendidikan sejarah, Dosen Pendidikan Sejarah yang juga merupakan alumni turut menampilan suara emasnya didepan para alumni yang lain.

Hiruk pikuk suasana di Aula Gedung 3 FKIP Unej seketika hening, ketika perwakilan alumni angkatan 1980, 1990, dan 2000 memberikan kesan-kesannya selama duduk dibangku perkuliahan, mereka banyak tidak menyangka ketika dulunya duduk dibangku perkuliahan memiliki IPK yang rendah, jahil, suka membicarakan dosen-dosen, ternyata alhasil mereka mampu menjadi orang-orang sukses sekarang ini, tak luput juga mereka menyampaikan salam dari beberapa alumni yang tidak bisa datang karena masih berada di luar pulau dan Luar Negeri. Tetesan air mata haru mengiringi ucapan terimakasih alumni untuk almamater tercinta. Jayalah Program Studi Pendidikan Sejarah. Jayalah FKIP-Universitas Jember.