Sistem Perkuliahan

Sistem pembelajaran dibangun berdasarkan perencanaan yang relevan dengan tujuan, ranah belajar, dan hierarkinya. Pembelajaran dilaksanakan menggunakan berbagai strategi dan teknik yang sesuai dengan perkembangan jaman dan teknologi terkini, membangkitkan mahasiswa untuk bersikap kritis, bereksplorasi, berkreasi dan bereksperimen dengan memanfaatkan bahan dan sistem kajian yang relevan.

Pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memonitor, mengkaji, dan memperbaiki secara periodik kegiatan perkuliahan (kehadiran dosen dan mahasiswa), penyusunan materi perkuliahan, serta penilaian hasil belajar.

Mekanisme Penyusunan Materi Perkuliahan

Materi kuliah disusun dalam rangka mencapai kompetensi lulusan yang ditargetkan. Penyusunan materi dilakukan oleh team teaching pengampu mata kuliah yang mempunyai kompetensi pada bidang ilmu dan mata kuliah tersebut dengan memperhatikan pula masukan dari dosen lain dan dari alumni serta stakeholders. Pokok-pokok bahasan dan sub pokok bahasan dituangkan dalam GBPP, SAP/RPP dan buku ajar. Materi perkuliahan ini setiap semester dilakukan peninjauan oleh Team Teaching.

Mekanisme Monitoring Perkuliahan

Pelaksanaan pembelajaran dan mekanisme untuk memonitor, mengkaji dan memperbaiki pembelajaran, memperbaiki dalam hal kehadiran mahasiswa, kehadiran dosen, dan materi kuliah. Program Studi dalam rangka pelaksanaan pembelajaran memiliki mekanisme untuk memantau, mengkaji, dan mengevaluasi serta memperbaiki secara reguler setiap semester tentang kehadiran mahasiswa, kehadiran dosen serta materi perkuliahan, melalui mekanisme:

  1. Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP-Universitas Jember menyediakan daftar kehadiran perkuliahan baik untuk dosen maupun mahasiswa;
  2. Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP-Universitas Jember menyediakan form untuk dosen yang berisi tanggal tatap muka, materi pokok bahasan dan sub pokok bahasan (jurnal perkuliahan);
  3. Mahasiswa yang tidak mengikuti perkuliahan sebanyak 75% kehadiran, tidak boleh mengikuti ujian akhir semester;
  4. Dosen yang menyampaikan perkuliahan kurang dari 75% dari jumlah total tatap muka, maka mata kuliah tersebut tidak boleh diujikan kepada mahasiswa;
  5. Program Studi mengadakan evaluasi pelaksanaan pembelajaran melalui SISTER setiap akhir semester;
  6. Program Studi mengadakan evaluasi setiap semester kepada mahasiswa tentang tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen antara lain pada penguasaan materi, metode penyampaian materi, kemampuan penggunaan alat bantu terkini, dan sikap perilaku dosen melalui isian online mahasiswa dalam SISTER http://sister.unej.ac.id/
  7. Dosen/team teaching dinilai berkaitan dengan SAP/RP, GBPP, penguasaan materi, metode penyampaian materi, kemampuan penggunaan alat bantu terkini dan sikap perilaku dosen;

Dosen dinilai kinerjanya oleh Universitas, Fakultas/Prodi berkaitan dengan pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi melalui BKD pada setiap semester.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *