foto-pembelajaran-etika-dari-situs-budayaMalang- 29 April 2015 angkatan 2012 mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember melaksanakan Praktik Kerja Lapang mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia. Praktik Kerja Lapangan (PKL) memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengabdikan ilmu-ilmu yang telah diperoleh di kampus. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan wujud relevansi antara teori yang didapat selama di perkuliahan dengan praktik yang ditemui dalam dunia nyata.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) mata kuliah Sejarah Kebudayaan Indonesia adalah suatu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dengan tugas langsung di berbagai peninggalan-peninggalan sejarah. Objek-objek yang dituju pada PKL tahun ini terkonsentrasi di Kabupaten Malang. Kabupaten Malang menjadi objek PKL dikarenakan Malang memiliki beberapa peninggalan-peninggalan sejarah yang masih dilestarikan sebagai warisan budaya. Adapaun objek yang dikunjungi pada PKL tahun ini antara lain: Candi Jago, Candi Kidal, Museum Brawijaya, dan Candi Singhasari. Pengampuh mata kuliah sejarah kebudayaan Indonesia, Bapak Sumarno, M.Pd. menjelaskan bahwa tujuan dari PKL ini adalah:

  1. Praktik Kerja memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal dan mengetahui secara langsung tentang sejarah kebudayaan Indonesia;
  2. Agar Praktik Kerja Lapangan menjadi media pengaplikasian dari teori yang diperoleh dari bangku kuliah;

Praktik kerja lapangan dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. Praktik Kerja Lapangan (PKL) akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan karakter mahasiswa dalam berbangsa dan bernegara, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun kenyataan yang sebenarnya.