IMG_9486Upaya peningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam bidang kesejarahan dan kebudayaan, mahasiswa pendidikan sejarah melalui mata kuliah Sejarah Nasional Indonesia II dan Sejarah Kebudayaan melaksanakan kegiatan Praktek Kuliah Lapang (PKL).

PKL ini dilaksanakan pada tanggal 22 – 26 April 2015. Sama halnya dengan tahun – tahun sebelumnya, PKL ini dilaksanakan di 3 Provinsi yang berbeda yaitu; Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

PKL tersebut mempunyai beberapa tujuan destinasi antara lain; Museum Sangiran, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Museum Benteng Vrederberg, Keraton Yogyakarta, Candi Borobudur, Candi Gedong Songo, Museum Ronggowarsito, Sunan Kalijaga, Sunan Bonang, Sunan Drajad, Sunan Gresik, dan Sunan Ampel. Kegitan PKL ini diikuti oleh  79 mahasiswa angkatan 2014 yang menempuh matakuliah Sejarah Nasional Indonesia II dan Sejarah Kebudayaan, serta didampingi langsung oleh dosen pengampu matakuliah tersebut yaitu Ibu Dr. Sri Handayani, M.M, Bapak Dr. Suranto, M.Pd, dan Bapak Dr. Mohamad Na’im, M.Pd.

Dalam pelaksanaanya, Kegiatan PKL ini bertujuan untuk menerapkan materi yang telah didapat mahasiswa pada perkuliahan di kelas. Serta merefleksikanya di lapang dengan pengamatan objek secara langsung.