Kunjungan Wisata Mahasiswa Pendidikan Sejarah Angkatan 2011 ke Situs Trowulan

ppDalam rangka meningkatkan Kompetensi Mahasiswa dalam bidang Kepariwisataan mahasiswa pendidikan sejarah melalui mata kuliah Kepariwisataan Sejarah dan Budaya melakukan

kegiatan Praktek Lapangan. Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2014 di Situs Trowulan yang terdiri dari Museum Majapahit, Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, dan Candi Brahu. Penentuan objek-objek tersebut merupakan hasil kesepakatan antara Mahasiswa dan Dosen pengampuh Mata kuliah.

 

Drs. Sumarno, M.Pd., M.M., dosen pengampu mata kuliah menjelaskan tujuan kegiatan ini agar mahasiswa memiliki pengalaman nyata mengenai kepariwisataan, terutama pariwisata sejarah dan budaya. Mahasiswa perlu mendapatkan pengalaman nyata untuk mengasah kompetensi terkait dengan pemahaman terhadap situs-situs sejarah yang ada serta pengembangannya sebagai tempat pariwisata sejarah dan budaya. Kegiatan ini relevan dengan profil lulusan yang salah satunya adalah menjadi pemandu wisata sejarah dan budaya.

Dengan kata lain, melalui kegiatan ini diharapkan mahaiswa dapat menjadi agen pengembang wisata sejarah di Indonesia, mengingat situs-situs sejarah di Indonesia memiliki potensi yang besar untuk menarik devisa.

Pada kunjungan ini, mahasiswa pendidikan sejarah menggunakan agen travel milik IKAPRODIS ( Ikatan Alumni Prodi Pendidikan Sejarah). Selain keterlibatan alumni, mahasiswa sejarah juga ikut aktif menjadi pengurus travel, sehingga secara tidak langsung mahasiswa sejarah juga belajar menjadi agen travel.

ppp

Kegiatan PKL ini diawali dengan berkunjung ke Museum Majapahit. Kemudian dilanjutkan ke Candi Bajang Ratu. Kunjungan berikutnya ke Candi Tikus. Tempat terakhir yang dikunjungi adalah Candi Brahu. Pada kunjungan ini mahasiswa juga mencari informasi mengenai sejarah dan struktur bangunan candi.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *