Kunjungan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah 2011 ke UNY dan UPY Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Lapangan

UntitledDalam rangka peningkatan kompetensi mahasiswa dalam bidang kependidikan dan kesejarahan, mahasiswa program studi pendidikan sejarah 2011 menggelar kegiatan

kunjungan ke Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas PGRI Yogyakarta melalui Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kuliah Kerja Lapangan merupakan kegiatan yang memperkenalkan dunia kerja kepada para mahasiswa. Mahasiswa Pendidikan Sejarah diharapkan mampu berinteraksi, bertukar informasi antar instansi yang berbeda.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 November – 4 Desember 2013 di daerah Jawa Tengah tepatnya di Universitas PGRI Yogyakarta. Mahasiswa bersama seluruh dosen pendamping mengunjungi Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di UNY dan UPY, untuk melakukan sharing mengenai kesejarahan. Kedatangan kami disambut dengan baik oleh pihak Program Studi Pendidikan Sejarah UNY dan UPY. Keikutsertaan seluruh dosen dalam kegiatan ini didanai oleh BOPTN Universitas Jember tahun 2013.

 

Untitled11Sharing yang dilakukan tidak semata-mata mengenai kesejarahan saja melainkan mengenai kegiatan perkuliahan yang dilaksanakan. Pada hakikatnya sejarah merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang masa lampu sehingga mempunyai kompleksitas yang luas untuk merekontruksi sebuah kajian peristiwa. Selain menggunakan metodelogi dan teori dasar sejarah, belajar sejarah harus didukung dengan penerapan ilmu bantu yang lain diantaranya seni yang membutuhkan imajinasi, intuisi, emosi dan actionPelajaran berharga yang dapat diambil dari UNY, adalah kebersihan dan kenyamanan tempat kuliahnya. Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNY menjelaskan semua dosen, karyawan dan mahasiswa di kampus ini bertanggng jawab penuh terhadap kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Pimpinan sangat concern terhadap kebersihan, bahkan tidak jarang Dekan beserta jajarannya memeriksa toilet-toilet untuk mennjamin kebersihannya.

Hal menarik dari Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) adalah Laboratorium Sejarah yang dimilikinya. Adanya laboratorium tersebut dapat mendukung proses belajar mengajar, sehingga mahasiswa dapat mengoptimalkan diri dan lebih aktif, inovatif serta kreatif dalam belajar di kampus. Selain mendapatkan cakupan materi sejarah tematis peserta didik juga mendapatkan tambahan ilustrasi peristiwa dari model alat peraga yang disajikan sehingga akan mendukung imajinasi Mahasiswa dalam merekontruksi peristiwa tersebut. Kemenarikan Laboratorium Sejarah ini adalah tersedianya berbagai alat peraga, kolesi maket, koleksi diorama, koleksi repro, koleksi numistik, koleksi peta, koleksi artefak yang berhubungan dengan cerita sejarah dan laboratorium ini dikatakan sebagai laboratorium sejarah yang memiliki koleksi terlengkap di Indonesia, sehingga memudahkan para mahasiswa untuk lebih mendalami materi yang sedang di pelajari.

Untitled33

Dengan demikian kegiatan Kuliah Kerja Lapang diharapkan mahasiswa mampu menambah wawasan dan pengalaman yang luas tentang pembelajaran sejarah dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat selama perkuliahan dalam dunia nyata.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *