Karya Kreatif Mahasiswa Dalam Membuat Media Pembelajaran Sejarah

DSCN3296~1Program Studi Pendidikan Sejarah – Universitas Jember nampaknya tidak ada surutnya memunculkan taji-nya sebagai aktor civitas akademika. Inovasi dan kreasi terus dikembangkan beriringan dengan gejolak pendidikan di Indonesia yang terus bersaing.

Sebagai produsen tenaga terdidik, program studi pendidikan sadar akan perannya. Yaitu perannya memberikan kualifikasi produk yang dihasilkan. Mengingat sasaran utama lulusan Program Studi Pendidikan Sejarah adalah sebagai seorang pendidik sejarah, maka selalu diupayakan bagaimana membentuk tenaga pendidik sejarah yang profesional dan yang tidak kalah penting adalah kreatif dan inovatif demi menjadi pemimpin dalam persaingan pendidikan yang semakin ketat.

Liputan kali ini berkesempatan membahas salah satu produk karya mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah – Universitas Jember, yang saat ini begitu representatif sebagai salah satu media pembelajaran kegiatan belajar mengajar di sekolah, Produk media pembelajaran tersebut adalah “Video Media Pembelajaran”.

“Video” memang bukanlah hal yang asing dalam paradigma masyarakat umum, apa lagi dengan tidak terbatasnya komunikasi masa kini yaitu internet, video menjadi hal yang biasa dan beriringan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan begitu tenarnya video masa kini menjadikan suatu peluang besar dalam dunia pendidikan bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, yaitu dijadikan media pembelajaran.

Dengan memanfaatkan kelebihanya yaitu dengan wujud audio-visual, video menimbulkan ketertarikan baru bagi peserta didik. Selain dapat dinikmati sebagai hiburan, didalamnya terdapat konten pembelajaran baik secara langsung maupun tidak esensinya akan tersampaikan kepada peserta didik secara efektif. Oleh karena itu inovasi video media pembelajaran ini menjadi pilihan Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah untuk berkreasi.

Konten yang diusung dalam video media pembelajaran ini tidak hanya memuat satu, dua, atau beberapa judul saja, melainkan semua materi pelajaran sejarah dapat dibuatkan menjadi video dan dibentuk sebagai media pembelajaran sebagai konsumsi peserta didik. Untuk melihat hasil karya kreatif mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah, bisa dilihat di sini

Itulah sekilas salah satu inovasi dan kreasi yang dibuat oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah – Universitas Jember, mari kita tunggu karya terbaru dari Program Studi Pendidikan Sejarah yang lebih kreatif dan inovatif demi mendukung kemajuan pendidikan di Indonesia kedepanya. (DK. A-13)

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *