Diklat Program Pendidikan Sejarah Angkatan 2013

10426895_1429705893970572_7495574709142203685_nDiklat progam Pendidikan Sejarah merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setiap awal penerimaan mahasiswa baru.  Tema yang diusung setiap tahunnya mempunyai orientasi yang berbeda-beda. Dalam diklat kepemimpinan dan kesejarahan Program Pendidikan Sejarah tahun angkatan 2013-2014 yang bertema “Aktualisasi Pendidikan Dalam Membangun Nasionalisme dan Karakter Bangsa”.

Dalam acara tersebut banyak rentetan kegiatan , dimana kegiatan-kegiatan tersebut disusun oleh beberapa kepanitian. Panitia penyelenggara diklat kepemimpinan dan kesejarahan ini disusun oleh angkatan 2012 yang dibantu oleh beberapa angkatan diatasnya. Sedangkan peserta diklat ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2013. Lokasi yang digunakan dalam kegiatan ini bertepat di Mumbulsari kegiatan ini dilakukan selama 3 hari 2 malam, yang bertepatan pada tanggal 26 – 28 Juni 2014.

Pembukaan acara diawali dengan pembekalan terhadap mahasiswa baru oleh Dr. Nurul Umamah, M.Pd dan Dr. Kayan Swastika, M. Si selaku dosen progam pendidikan sejarah. Beliau menyampaikan beberapa pembekalan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan tema yang diusung agar benar-benar dapat terbentuk moralitas yang baik untuk peserta maupun panitia dalam membentuk karakter calon pendidik yang baik. Tujuan diadakannya kegiatan diklat ini adalah:

  1. Membangun dan mempererat rasa kekeluargaan antar mahasiswa program pendidikan sejarah sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik;
  2. Mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan kegiatan akademik maupun non akademik;
  3. Membentuk pribadi yang, jujur, disiplin, berbudi luhur, dan bertanggung jawab;
  4. Membentuk jati diri sebagai calon tenaga pendidik;
  5. Sebagai ajang kesempatan untuk mengembangkan minat, bakat, kreatifitas;
  6. Membentuk rasa persatuan dan kesatuan dalam menjaga nama baik almamater;
  7. Membentuk rasa nasionalisme dalam diri mahasiswa;
  8. Sebagai sarana dalam pelantikan anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Keluarga Mahasiswa Sejarah (KELAMAS).

Dari beberapa tujuan tersebut, para mahasiswa baru diharapakan dapat menempatkan diri dalam kegiatan perkuliahan dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat mengaktualisasikan pendidikan dalam membungun nasionalisme dan karakter bangsa.

Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *