copyDiklat progam Pendidikan Sejarah merupakan kegiatan tahunan yang dilakukan setiap awal peneriamaan mahasiswa baru. Kegiatan ini diusung dengan tema “membangun kesadaran kekeluargaan dan karakter bangsa Indonesia dalam rangka pembentukan jati diri mahasiswa dengan semangat persatuan dan kesatuan”.
Rangkaian kegiatan dimulai pada 31 Oktober sampai 2 November 2014 selama 3 hari 2 malam dan diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2014 . Kegiatan ini diselenggarakan di PTPN Banjarsari, Pecoro, Rambipuji.

Pembukaan acara diawali dengan pembekalan terhadap mahasiswa baru oleh Drs. Sumarjono, M.Si dan Dr. Suranto, M.Pd selaku dosen Progam Studi Pendidikan Sejarah. Beliau menyampaikan pesan agar kegiatan ini dilaksanakan dengan baik, sesuai dengan tema yang diusung agar benar-benar dapat terbentuk moralitas yang baik untuk peserta maupun panitia dalam membentuk karakter calon pendidik yang baik. Tujuan diadakannya kegiatan diklat ini adalah:
1. Membangun dan mempererat rasa kekeluargaan antar mahasiswa program pendidikan sejarah sehingga tercipta hubungan komunikasi yang baik;
2. Mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan kegiatan akademik maupun non akademik;
3. Membentuk pribadi yang, jujur, disiplin, berbudi luhur, dan bertanggung jawab;
4. Membentuk jati diri sebagai calon tenaga pendidik;
5. Sebagai ajang kesempatan untuk mengembangkan minat, bakat, kreatifitas;
6. Membentuk rasa persatuan dan kesatuan dalam menjaga nama baik almamater;
7. Sebagai sarana dalam pelantikan anggota Himpunan Mahasiswa Program Studi Keluarga Mahasiswa Sejarah (KELAMAS).
Para peserta tampak sangat antusias walaupun kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut hingga kegiatan selesai.