WORKSHOP

Workshop Pengembangan Bahan Ajar dan Penyusunan SOP Kurikulum (ADDIE

20130913_082459Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember, gelar Workshop bertemakan Pengembangan Bahan Ajar dan Penyusunan SOP Kurikulum (ADDIE) bertempat Di Aula Lt. III Kantor Pusat Unej (13/9/2013). Workshop ini dibuka langsung oleh Rektor Universitas Jember, Drs. Moh. Hasan, M.Sc. Beliau mengharapkan dengan adanya workshop ini mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam bagi peserta, mengingat bertambahnya jam pelajaran dalam mata pelajaran sejarah juga menuntut untuk pengembangan bahan ajar yang digunakan. Terkait dengan penyusunan SOP, rektor berharap sumber daya manusia Program studi Pendidikan Sejarah memiliki kemampuan handal dalam pengembangan SOP. Supaya segala aktivitas dan kegiatan Progam studi terstandar.
Workshop Pengembangan Bahan Ajar menghadirkan Nara Sumber dari Universitas Negeri Malang Dr. Imam Basuki, M.Pd., dan Penyusunan SOP Kurikulum (ADDIE) Dr. Siswoyo Soekarno, STP., M.Eng. dan Drs. Wachju Subchan, M.S., Ph.D. (UNEJ). Pada workshop tersebut dikupas tuntas tentang bagaimana pengembangan bahan ajar yang baik, bagaimana strategi, teknik penyusunan dan apa sebenarnya urgensi Standard Operating Prosedure (SOP) bagi sebuah institusi dan program studi. Pemateri terakhir membahas tentang pengembangan kurikulum berbasis KKNI serta implikasinya pada dunia kerja dan pendidikan tinggi.
1
Pada workshop kali ini terdapat pertanyaan menarik dari salah satu peserta “Bagaimana trik untuk membuat bahan ajar seperti diktat di SMP khususnya dalam matapelajaran IPS terpadu berbasis sejarah ?” , tanya B. Sari “Sejarah merupakan bagian dari IPS terpadu, maka lebih baik dikemas pada pembelajaran tematik, contohnya pada peristiwa perang dingin yang dapat dilihat dari dari konteks sejarah, geografis,ekonomi dan sosiologi, hal tersebut dapat membuat anak tidak saja terfokus pada menghafal materi sebuah buku, melainkan anak dapat menganalisis dengan bantuan beberapa studi yang lain. Harapannya siswa dapat berfikir tingkat tinggi, secara bertahap dari tingkat memahami hingga mencipta”. Jawab salah satu narasumber. Peserta sangat antusias mengikuti jalannya Workshop.

Workshop PTK, Lesson Study dan Editing Jurnal Online

11

Profesionalisme dalam menjalani kehidupan di era globalisasi mensyaratkan berbagai kecerdasan kognisi, sikap dan keterampilan. Terkait dengan hal itu maka Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember menggelar workshop, bertemakan PTK, Lesson Study dan Editing Jurnal Online di laksanakan Di Aula Gedung Mas Soerachman (29/7/2013). Workshop ini diikuti oleh mahasiswa, Pendidik Sejarah SMP dan SMA se Kabupaten Jember dan dosen Jurusan PIPS-FKIP UNEJ. Acara workshop ini langsung di buka oleh Dekan FKIP Universitas Jember, Prof. Dr. Sunardi, M.Pd.

Dalam sambutan pembukaan, Dekan berharap agar workshop PTK, Lesson Study dan Editing Jurnal Online dapat diikuti sebaik-baiknya dan dapat di pahami karena banyak sekali kendala yang di hadapi oleh para Pendidik dalam menerapkan kurikulum 2013 yang baru. “Banyak sekali kendala yang disampaikan oleh para Pendidik dalam penerapan PTK dan lesson study karena Pendidik disibukkan dengan jumlah jam belajar yang sangat banyak. Disadari tentang urgensi PTK dan Lesson Study dalam mensupport keberhasilan kurikulum terkait dengan pemecahan masalah dalam pembelajaran dan pemilihan strategi pembelajaran yang dapat membangkitkan semangat belajar Peserta didik”.

Wor13kshop PTK, Lesson Study dan Editing Jurnal Online menghadirkan para narasumber: (1) Dr. Suratno, Msi.; (2) Prof. Slamin, M.Comp.Sc., Ph.D.; (3) Prof. Dr. I Made Tirta, M.Sc. dan (4) Dr. Moh Naim, M.Pd. Lesson Study, merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif,   dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study bukan metode atau strategi pembelajaran tetapi kegiatan Lesson Study dapat menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan permasalahan yang dihadapi Pendidik di dalam pembelajaran. Sepertihalnya PTK merupakan sebuah penelitian tindakan kelas dimana kelas dan peserta didik yang menjadi fokus kajian dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi’ tutur Dr. Suratno, M.Si.

Dalam workshop ini Prof. Slamin dan Prof. Made juga menyajikan beberapa alamat/ link jurnal internasional yang relevan dengan kesejarahan dan pembelajaran sejarah, format dan isi artikel ilmiah pada e-journal dimana e-journal merupakan sebuah jurnal elektronik atau jurnal ilmiah yang dapat diakses secara online, selain itu juga dikupas mengenai bagaimana journal online yang berindikasi plagiat. Dr. Naim, M.Pd. menyajikan bagaimana upaya dalam meningkatkan kualitas penelitian tindakan kelas, karena selama ini banyak asumsi bahwa PTK cenderung bersifat rekayasa dan banyak plagiarisme di dalamnya.

Seluruh peserta sangat antusias mengikuti acara hingga sore hari. Pada saat menutup acara Kaprodi Pendidikan Sejarah Dr. Nurul Umamah, M.Pd. menyampaikan terimakasih kepada Rektor Universitas Jember atas terselenggaranya workshop yang didukung oleh BOPTN Tahun Anggaran 2013. Juga terimakasih kepada Dekan FKIP Unej yang telah mendukung penuh segala kegiatan di Prodi Pendidikan Sejarah.

Comments are closed.